Muslim TOUR

Berwisata sesuai dengan Syariat dan Aqidah ISLAM

Menentukan tempat wisata bagi kita yang beragama muslim tentu menjadi suatu hal yang sangat penting. Hal ini berkaitan dengan norma dan syari’at yang diajarkan oleh agama Islam itu sendiri, di mana segala sesuatu harus seuai dengan akidah Islam dan terhindar dari hal-hal yang bisa memberikan dampak buruk (mudharat). Apalagi jika anda menghendaki untuk berwisata ke luar negeri seperti Korea, Cina, Taiwan dan sebagainya yang notabene adalah negara dengan penduduk  Minoritas muslim.

Muslim Tour Bandung

Dapatkan informasi Paket Muslim Tour di Sini

Sangat banyak negeri di berbagai pelosok dunia  yang banyak menyimpan berbagai keindahan baik itu dari sisi kebudayaan, alam, masyarakat, dan sebagainya. Beberapa negara tersebut diatas merupakan negara yang cukup bagus sebagai tujuan wisata bagi kaum muslim. Masyarakatnya yang ramah, lingkungan yang bersih dan lokasi belanja yang memanjakan mereka para penggemar shopping menjadikan beberapa tempat tersebut menjadi alternatif negara tujuan wisata yang patut diperhitungkan.

Memang untuk beberapa negara tersebut, masyarakat muslim merupakan kelompok minoritas jika dibandingkan dengan masyarakat lainnya. Meskipun demikian, terdapat Masjid di beberapa lokasi baik di Cina, Korea, ataupun Taiwan yang sayang untuk kita lewatkan namun sangat layak untuk kita kunjungim.  Sehingga akan memudahkan para wisatawan muslim untuk menunaika shalat.

Secara syaria’h,pada dasarnya hal yang harus diperhatikan ketika menentukan tempat muslim tour khususnya di luar negeri adalah tempat yang tidak memberikan banyak mudlorot (kejelekan) tapi harus memebrikan dampak positif. Hal lain yang juga wajib untuk diperhatikan adalah tempat makan yang halal seperti tidak mengandung daging babi, tidak mengandung alkohol, diperhatikan kesuciannya, dan sebagainya. Bagaimanapun juga makanan yang sesuai dengan syariat islam pastinya belum tentu bisa anda temukan di setiap restoran terutama di luar negeri yang notabennya didominasi masyarakat non muslim. Jumlah tempat makan yang memasang label “hahal” pun hanya berada di wilayah tertentu saja.

Hakekat wisata bagi umat islam

Sebenarnya berwisata tidak ada sama sekali dilakukan oleh para nabi dan juga orang-orang soleh lainnya kecuali hanya untuk beribadah. Hingga kemudian islam datang untuk mengembangkan pemahaman berwisata yang pastinya sangat mengutamakan tujuan wisata yang mulia. Memang banyak tujuan wisata yang seharusnya ditanamkan oleh umat muslim yang ingin berwisata baik itu di luar negeri ataupun di dalam negeri sendiri.

Tujuan dari wisata yang mulia diantaranya adalah mencari ilmu dan menyebarkannya, mengambil peringatan dan pelajaran dari lokasi yang dikunjungi, dan pastinya untuk merenungi keindahan Alloh yang ada di berbagai belahan semesta. Jika anda memperhatikan tujuan wisata tersebut, maka lokasi muslim tour manapun yang anda tuju tentunya tidak akan menjadi masalah.

Hal yang paling dikhawatirkan menurut ajaran islam ketika berwisata di negara-negara dengan mayoritas masyarakat non muslim, dikhawatirkan akan memberikan dampak buruk  bagi agama islam dan juga akhlak seorang muslim. Bagaimana tidak, ketika seorang muslim bercampur baur dengan masyarakat yang tidak mengindahkan agama dan jauh dari pergaulan dan norma-norma yang baik, maka bisa jadi hal ini memberikan pengaruh buruk.

Lokasi wisata yang penuh dengan bergaulan bebas, perzinaan, dan berbagai gaya hadup yang diharamkan oleh islam lainnya sangat tidak disarankan untuk dikunjungi oleh umat islam. Kecuali, jika anda memang bertujuan untuk berdakwah di lingkungan mereka.

Macam-macam referensi negara yang bisa menjadi lokasi muslim tour

Taiwan

Sebagai negara yang cukup besar , Taiwan memang memiliki berbagai keistimewaan.  Keistimewaan dari negara ini adalah keindahan alam yang dihadirkan di berbagai lokasi wisata. Negara yang juga dikenal dengan sebutan Formosa ini menyimpan sejuta pesona yang sangat tepat bagi tujuan muslim tour diantaranya taman nasional Taroko, taman batu Yehliu, taman nasional Ali-shan, sun moon lake, pantai timur Taiwan, Penghu, taman nasional Kenting, dan masih banyak lokasi lainnya yang pastinya juga tidak kalah menarik.

Korea

Korea memang terbagi menjadi dua wilayah yakni Korea Utara dan Korea Selatan. Korea Selatan lebih dikenal sebagai wilayah yang menyimpan sejuta pesona dari keindahan alam. Hal ini tentu menajdi media yang sangat tepat sebagai lokasi muslim tour untuk mengagumi ciptaan dari sang maha kuasa. Beberapa lokasi menarik di Korea Selatan ini diantaranya Seoul, Pulau Nami, pulau Jeju dan masih masih banyak lokasi lainnya.

Cina

Negara yang menyimpan banyak sejarah ini juga sering kali menjadi tujuan wisata dari para wisatawan internasional termasuk Indonesia. Meskipun islam di Cina juga merupakan kaum minoritas, tapi masyarakat Cina mempunyai toleransi yang tinggi serta ramah sehingga banyak pengunjung  yang ingin kembali mengagumi keindahan panorama alamnya. Berbagai lokasi wisata termasuk mesjid Madian menjadi tujuan tervaforit bagi wisatawan muslim. Berbagai lokasi lain seperti pulau Gulangyu, summer palace, tembok besar Cina, Olympic park Beijing dan berbagai lokasi wisata lainnya juga bisa menjadi referensi bagi anda masyarakat muslim yang ingin mengetahui keindahan ciptaan sang ilahi.

Tips Muslim tour di negara dengan penduduk Islam minoritas

Ketika anda sudah memutuskan untuk mengunjungi negara dengan pnduduk mayoritas non muslim tentu harus memperhatikan berbagai hal. Hal yang paling penting untuk selalu anda perhatikan adalah membawa peralatan ibadah. Hal ini untuk mengantisipasi jika anda kesulitan untuk menemukan tempat ibadah. Membawa bekal makanan sendiri juga bisa menjadi ide yang bagus, mengingat menemukan tempat  makan yang halal juga bukan satu hal yang mudah. Langkah ini hanya merupakan bentuk antisipasi agar anda dan keluarga tidak mengkonsumsi makanan yang masih diragukan kehalalannya.

Muslim Tour Bandung

Kunjungi situs kami untuk mendapatkan produk Muslim Tour lebih lengkap

Sebagai orang muslim, hal lain yang pastinya juga tidak kalah penting yaitu tujuan dari wisata itu sendiri yang tetap harus sesuai dengan syari’at islam. Bagian ini merupakan poin terpenting sehingga ketika mengujungi lokasi wisata dengan penduduk islam minoritas, anda tidak melupakan bagaimana seharusnya berwisata ala kelompok muslim yang sesuai dengan ajaran agama. Dengan demikian, kehawatiran akan munculnya dampak negatif bagi anda dan keluarga yang mengunjugi negara dengan mayoritas non muslim ini tidak akan terjadi.

Sekilas, masalah-masalah tersebut tampaknya memang sepele. Hal ini pula yang seringkali dilakukan oleh masyarakat muslim bahwa berwisata hanyalah untuk bersenang-senang, menghamburkan uang, membuat tubuh menjadi lelah dan sebagainya. Padahal, bagi mereka yang mau mengerti dan berfikir, ada makna yang jauh lebih mendalam dari berwisata, sehingga menentukan lokasi muslim tour yang sesuai juga menjadi pertimbangan yang urgent dan tidak boleh dikesampingkan.