Vaksinasi Meningitis di Bandung

Bagi  anda calon jamaah haji ataupun calon jamaah umroh  di Bandung ataupun di Indonesia pastinya akan mencari tahu apa itu Vaksinasi meningitis dan dimana saya bisa mendapatkan vaksin tersebut serta apa saja yang harus dipersiapakan agar bisa mendapatkan vaksinasi meningitis dan kira – kira berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Mendapatkan Vaksinasi Meningitis di Bandung

Mendapatkan Vaksinasi Meningitis di Bandung

Apa itu Vaksinasi Meningitis

Meningitis ialah radang membaran pelindung system syaraf pusat adapun penyakit meningitis juga dipicu oleh mikroorganisme, Kanker, luka fisik atau obat – obatan tertentu, penyakit meningitis  merupakan penyakit yang serius yang karena letaknya dekat dengan otak dan tulang belakang yang mengakibatkan kerusakan kendali gerak, pikiran bahkan dapat menyebabkan kematian.
Biasanya kasus meningitis dipicu oleh mikroorganisme, seperti virus, bakteri, jamur atau parasit yang menyebar ke dari darah menuju ke Cairan otak. Upaya pencegahan meningitis yang paling baik adalah dengan melakukan Imunisasi ( Vaksinasi) Meningitis,  vaksin yang telah diberikan dapat memberikan perlindungan dalam kurun waktu selama tiga tahun terhadap penularan atau penyerangan penyakit meningitis.

Ada banyak acara untuk mendapatkan vaksinasi  meningitis  baik dilakukan di Instalasi kesehatan pemerintah ataupun klinik atau Rumah sakit – rumah sakit swasta namun apabila anda calon jamaah umroh disamping anda harus mendapatkan vaksinasi meningitis  anda juga diharuskan memiliki Buku Kuning atau buku Vaksin yang menyatakan bahwa anda sudah divaksin dan buku kuning tersebut diperlukan sekali sebagai persyaratan mendapatkan Visa Umroh di  Kedutaan Besar kerajaan Saudi yang ada di Jakarta, jadi anda harus melakukan Vaksinasi di Instalasi kesehatan dan berwenang mengeluarkan buku kuning tersebut yakni di Instalasi Kesehatan KANTOR KESEHATAN PELABUHAN yang kalau di Jawa Barat ada di dua Tempat yakni Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Husein Sastra Negara Bandung dan satu lagi berada di Kota Cirebon.

 Kapan sebaiknya anda di Vaksin,

Menurut saran medis tentunya jauh hari sebelum anda melaksanakan umroh akan lebih baik, calon jamaah umroh melaksakan vaksinasi meningitis tentunya akan lebih baik dengan menimbang masa hidupnya vaksin tersebut didalam tubuh kita yang rata – rata bisa mencapai dua tahun, tentunya kalau anda sudah melakukan vaksinasi tersebut lebih dari 02 tahun anda harus melakukanya lagi. Namun apabila anda kepepet dengan waktu sibuk , sebaiknya anda  melakukan vaksinasi 02 minggu sebelum anda memerlukanya atau memasuki Tanah Suci.

Berapa biaya yang harus di persiapkan untuk mendapatkan Vaksinasi

Untuk medapatkan Vaksinasi meningitis  dan buku kuning yang menjadi persyaratan mendapatkan Visa Umroh anda harus menyiapkan anggaran kurang lebih Rp. 330.000,- perjamaah , biaya ini berdasarkan pengalaman jamaah Rihlah Tour yang melakukan Suntik Vaksinasi Meningitis pada September 2013 lalu dan rincinan biaya yang harus dikeluarkan meliputi :

  1. Biaya Pendaftaran                           Rp. 20.000,-
  2. Biaya Tes Kehamilan                       Rp. 25.000,-
  3. Biaya Vaksin Meningitis                 Rp. 260.000,-
  4. Biaya pengganti Buku Kuning      Rp. 25.000,-

Total biaya yang anda keluarkan untuk mendapatkan Vaksinasi meningitis dan Buku Kuning tersebut adalah Rp. 330.00,- , namun biaya tersebeut bisa saja membengkak apabila anda ingin menambah proteksi dengan Vaksi lainya yang terkadang ditawarkan atau disarankan petugas / dokter yang bertugas seperti Vaksin Influensa biaya nya beragam dari Rp. 100.000,-  s.d 150.000,- kemudian Vaksin phenomenon biaya  nya bisa mencapai Rp. 850.000,- tergantung dari jenis perusahaan yang memproduksi vaksin tersebut.

Apabila anda mengambil paket lengkap dengan mengambil 3 Vaksinasi tersebut pada saat bersamaan maka anda akan merogoh Kocek Rp. 1.320.000,- per orang nya.

Akhirnya semuanya dikembalikan lagi kepada calon jamaah umroh khusus nya apakah akan mengambil Vaksinasi meningitis nya saja yang menjadi syarat wajib bagi pemohon Visa umroh atau akan ditambah dengan tambahan vaksinasi lainya, tergantung kebutuhan masing – masing calon jamaah umroh.

2 comments

  • Untuk mendapatkan vaksin meningitis itu syarat syarat apa yg harus di bawa sebagai perlenkapan pendataranya?

  • Bapak dan Ibu sebelumnya harus mendaftar ke Dinas Kesehatan Kota (Pelabuhan) kalau di Kota Bandung adanya di Bandara Husein Sastra Negara dengan membawa copy Paspor & Pas Photo

Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s